Amankan Smartphone Android Anda dengan Cara Ini

Amankan Smartphone Android Anda dengan Cara Ini

Amankan Smartphone Android Anda dengan Cara Ini

Amankan Smartphone Android Anda dengan Cara Ini-Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat Anda harus semakin hati-hati terhadap keamanan Smartphone Android Anda. Sebab banyak tangan-tangan nakal yang sering menyalahgunakan data-data seperti alamat email, kartu kredit dan lain sebagainya. Maka dari itu, untuk menjaga keamanan Smartphone Android dan agar data-data Anda menjadi lebih aman, lakukan beberapa hal berikut ini.

Amankan Smartphone Android Anda dengan Cara Ini

Tips Mengamankan Smartphone Android

1. Mengaktifkan enkripsi smartphone
Dalam smartphone, enkripsi merupakan suatu proses pengkodean data yang bertujuan untuk membuat data tersebut tidak akan mudah untuk dibaca maupun  diketahui oleh manusia. Biasanya kode dibuat dengan sangat acak. Nah, apabila Anda mengaktifkan enkripsi smartphone, maka secara otomais data-data baru milik Anda akan langsung diamankan melalui pengenkripsian tersebut. Sampai saat ini, masih ada dua jenis metode pengenkripsian yang dimiliki oleh smartphone android, diantaranya adalah :

  1. Full disk encryption (untuk Android  versi 5.0 ke atas)
    Enkripsi jenis full disk biasanya hanya digunakan untuk mengunci tunggal yang dilindungi oleh kata sandi yang dibuat oleh pengguna smartphone android tersebut.Untuk metode pengenkripsian jenis ini dapat melindungi seluruh partisi yang ada di smartphone Anda, ketika Anda melakukan boot awal, maka harus ada izin akses data yang Anda berikan untuk setiap perangkat. Tanpa izin akses Anda, maka perangkat tersebut tidak dapat digunakan. Tetapi ketika  melakukan re-boot pada smartphone Anda, maka data Anda yang sebelumnya tidak dapat diakses sebelum melewati tahapan perizinan keamanan. Memang kalau dilihat sekilas, cara ini terlihat rumit, namun menggunakan cara inilah keamanan smartphone Anda bisa lebih terjamin.
  2. File-based encryption (untuk Android versi 7.0)
    Untuk jenis pengenkripsian file based dapat dilakukan dengan menggunakan Android 7.0 Nougat dengan cara yang lebih mudah. Tetapi untuk sistem OS Android Nougat, Anda hanya dapat melakukan pengenkripsian pada file-file tertentu saja. Pengenkripsian akan dilakukan pada setiap file yang nantinya akan memiliki kata sandi yang berbeda-beda dan otomatis, akan membuat file-file pada android 7.0 Anda menjadi jauh lebih aman. 

2. Mengamankan aplikasi chat Anda
SMS atau aplikasi pesan instan biasanya sering kali dimanfaatkan hacker untuk melakukan pencurian terhadap data-data penting yang Anda miliki. Maka dari itu, untuk Anda sangat dianjurkan untuk melakukan pengamanan terhadap aplikasi pesan yang ada di smartphone Anda. Bagaimana caranya? Simak ulasannya dibawah!
Gunakan aplikasi Private Messenger
Aplikasi Signal Private Messenger merupakan salah satu aplikasi yang memiliki beragam jenis fitur dan sangat mudah dalam penggunaannya. Aplikasi Signal Private Messenger ini memiliki tingkat perlindungan yang luar biasa. Sebab aplikasi yang satu ini dapat membuat enkripsi end-to-end yang bertujuan untuk menyimpan semua data-data pribadi milik Anda.

3. Mengaktifkan dua faktor otentikasi
Cara yang satu sangat penting untuk dilakukan bagi para pengguna sosmed, seperti FB, Gmail atau akun penyimpanan online seperti Dropbox atau mungkin akun pembayaran online seperti Paypal, maka sangat penting untuk mengaktifkan dua faktor otentikasi. Dua faktor otentikasi ini merupakan verifikasi dua-langkah wajib yang harus diakukan untuk menjaga keamanan identitas Anda agar tidak mudah dibajak. 

4. Hindari menginstal aplikasi bajakan
Fakta bahwa kebanyakan aplikasi dijual dengan harga yang tidak murah membuat banyak orang mengubahnya dari aplikasi berbayar menjadi aplikasi tidak berbayar alias gratis.Tentu saja hal tersebut membuat orang-orang menjadi tergiur karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa menikmati aplikasi tersebut. 
Namun tahukah Anda bahwa sesungguhnya aplikasi bajakan tersebut ternyata sangat berbahaya? Sebab melalui aplikasi tersebut para hacker biasanya menyisipkan kode rahasia pada aplikasi tersebut yang bertujuan untuk mencuri data-data pribadi milik Anda. Tidak hanya sampai disini saja, aplikasi bajakan juga terkadang dapat menyebabkan smartphone Anda lebih rentan terhadap serangan virus. Jadi, lebih baik pilih yang berbayar yang lebih aman daripada yang bajakan namun memiliki risiko besar.

Sekian artikel Amankan Smartphone Android Anda dengan Cara Ini  yang dapat MyKodeTutorial bagikan kali ini, silakan lakukan cara ditas dan  semoga Smartphone kita selalu aman ya, jangan lupa share agar artikel ini semakin bermanfaat, dan jika kamu mempunyai pendapat lain terkait cara amankan Smartphone Android silhkan komen di bawah ya.
Buka Komentar