Jangan Isi Baterai Smartphone Dengan Laptop

Jangan Isi Baterai Smartphone Dengan Laptop - Perangkat smartphone kini memiliki beragam fitur keren di dalamnya, sehingga pengguna mampu melakukan beragam aktivitas. Berbagai fitur canggih di dalam smartphone membutuhkan kapasitas baterai cukup besar sebagai pendukung fungsinya, maka dari itu semakin lama kita menggunakan smartphone maka daya baterai akan cepat berkurang. Untuk proses pengisian daya baterai ponsel kini bisa menggunakan laptop, akan tetapi dari cara ini memiliki resiko tinggi terutama pada perangkat smartphone Anda.

Jangan Isi Baterai Smartphone Dengan Laptop

Mungkin Anda pernah mendengar larangan jangan isi baterai smartphone dengan laptop jika ingin usia ponsel bisa lebih lama. Ternyata dari larangan tersebut sangat benar sehingga banyak pengguna smartphone tak melakukannya. Lalu apa alasan smartphone tak boleh menggunakan laptop dalam pengisian daya? 

Jangan Isi Baterai Smartphone Dengan Laptop

1. Resiko Rusak Semakin Besar
Penggunaan port USB universal pada smartphone dan laptop sendiri sebenarnya memiliki kapasitas daya masing-masing. Tentu saja perangkat laptop dan ponsel pintar tidak memiliki kapasitas daya USB yang sama, sehingga potensi kerusakan akibat aliran listrik tidak stabil akan semakin besar. Tidak hanya itu saja, dari proses pengisian baterai smartphone juga lebih lama atau tidak normal sehingga memiliki efek pada perangkat baterai ponsel yang akan mengalami kerusakan fatal. Jadi jangan isi baterai smartphone dengan laptop jika ingin usia smartphone terbilang lama.

2. Pencurian Data
Fungsi dari USB laptop lebih fokus pada penghubung data dari smartphone ke laptop, maka dari itu jika Anda menggunakan USB port laptop sebagai cara penambah daya baterai maka resiko dari pencurian data smartphone semakin tinggi. Banyak tipe laptop yang memamaki fitur otomatis sehingga data-data di dalam smartphone bisa tersimpan mulai dari sistem operasi, nama pemilik, chip ID smartphone, dan lainnya. Bahkan potensi terkena virus juga lebih besar ketika Anda mengisi baterai ponsel melalui laptop.

3. Potensi Baterai Laptop Rusak Lebih Tinggi
Tidak hanya berdampak pada smartphone saja, jika Anda mengisi baterai smartphone menggunakan laptop maka kondisi baterai laptop akan cepat menurun. Setiap baterai pada perangkat gadget memiliki kapasitas berbeda-beda bahkan siklus hidup yang tak sama, maka dari itu proses pengisian baterai smartphone pada laptop malah semakin memperparah kondisi baterai laptop. Maka dari itu sebaiknya jangan isi baterai smartphone dengan laptop agar usia baterai laptop bisa lebih lama.

Penggunaan laptop sebagia sumber daya pengisi baterai smartphone ternyata sudah lama dilakukan oleh pengguna smartphone. Selain praktis dari segi proses biasanya juga lebih cepat tergantung dari tipe USBnya. Namun kini sudah ada larangan jangan isi baterai smartphone dengan laptop karena sampai sekarang banyak masalah sering terjadi tidak dalam waktu cepat tetapi secara perlahan. Maka dari itu berbagai macam dampak buruk seperti di atas bisa membuat perangkat smartphone ataupun laptop mengalami kerusakan, jadi sebaiknya hindari kebiasaan mengisi baterai ponsel dengan laptop.

Sekian artikel yang dapat MyKodeTutorial bagikan kali ini semoga informasi diatas bisa menjadikan kita lebih bijak lagi dalam menjaga smarthphone kita, klik share agar artikel ini semakin bermanfaat, dan jika kalian mempunyai tanggapan tentang Jangan Isi Baterai Smartphone Dengan Laptop silakan berkomentar dibawah ya.

Artikel Terkait

Jangan Isi Baterai Smartphone Dengan Laptop
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email